Sabtu, 15 Oktober 2011

BUMBU MASAK RAGAM ASAM



Beberapa jenis asam yang dapat dijadikan bumbu antara lain sebagai berikut.1. Asam gelugur
Asam gelugur memberikan rasa asam dengan aroma asam yang segar dan tidak membuat warna masakan menjadi keruh. Berasal dari buah yang berbentuk seperti jeruk keprok dengan kulit buah bergelombang berwarna hijau. Dapat dikonsumsi dengan cara diiris melintang tipis kemudian dijemur hingga kering. Jika masih baru akan berwarna cokelat muda dan semakin lama akan berubah 
menjadi hitam. Pilih asam gelugur dengan aroma khas dan bentuk yang bagus.
2. Asam jawa

Asam jawa dapat digunakan pada masakan atau minuman yang membutuhkan rasa asam. Asam jawa diambil dari daging buah asam yang sudah tua dan matang, berwarna kecokelatan.


3. Asam kandis
Asam kandis berasal dari kulit buah yang bentuknyamenyerupai jeruk limau. Kulit buah tersebut dikeringkan
hingga berwarna kehitaman. Asam kandis mempunyai rasa asam yang sedikit pahit, bisa digunakan sebagai pengganti asam jawa.




4. Asam sunti

Asam sunti banyak digunakan di daerah Aceh, untuk memberikan rasa asam yang tidak terlalu tajam. Berasal dari belimbing sayur yang dikeringkan lalu digepengkan sehingga berwarna cokelat kehitaman.


3) Jeruk
Buah jeruk banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita dan tidak asing lagi. Beberapa jenis jeruk yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu antara lain sebagai berikut.
1. Jeruk purut
Jeruk purut, jeruk sambal, atau jeruk pecel (Citrus × hystrix DC.) merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan . Dalam dunia kuliner di Asia Tenggara penggunaannya cukup sering dan rasa sari buahnya yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis.
Potongan daun jeruk purut dicampurkan pada bumbu pecel atau lotek untuk mengharumkannya. Demikian pula dalam pembuatan rempeyek, potongan daunnya dicampurkan pada adonan tepung yang kemudian digoreng.Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kaffir lime.

2. Jeruk nipis
Buahnya biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, umumnya mengandung daging buah dengan rasa yang masam, hampir mirip dengan rasa jeruk lemon. Bagian yang digunakan adalah air hasil perasannya yang digunakan untuk memasamkan makanan, seperti pada soto. Fungsinya sama dengan cuka, dapat mengurangi aroma anyir pada seafood.
Jeruk ini juga berfungsi sebagai pengempuk daging sapi atau ayam . Aroma dan rasa asamnya dapat menyegarkan buah-buahan yang lain seperti pepaya dan pisang. Air jeruk nipis juga bisa mencegah apel dan pisang berwarna kecokelatan. Kulit jeruk nipis yang diiris tipis menambah segar saus atau rasa es krim/es puter.
3.Jeruk limau
Aroma jeruk limau sangat khas dan harum. Berbentuk bundar dengan diameter 3-4 cm, berwarna hijau tua dan kulit yang berkeriput. Jeruk limau dapat memberikan aroma harum dan rasa asam sekaligus menghilangkan aroma anyir.




5. Jeruk lemon
Berbentuk oval dengan warna kuning terang dan berkulit licin. Aroma harum dan segar kulit buahnya, banyak digunakan sebagai bahan penambah aroma pada kue dan minuman. Asam sitrat yang terkandung di dalam air jeruk berguna untuk menghilangkan aroma anyir pada seafood
dan mengempukkan daging sapi serta ayam. Air jeruk ini juga dapat mencegah warna kecokelatan pada apel dan pisang.




4). Belimbing wuluh

Buah ini sering dikenal dengan sebutan belimbing sayur. Manfaat belimbing wuluh adalah memberikan rasa asam yang segar pada masakan. Untuk menghasilkan rasa asam yang maksimal, pilihlah belimbing yang tua. Cukup dibelah menjadi dua dan diiris tipis kemudian masukan bersama masakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar